Inilah Deretan Pemain Muslim di Timnas Perancis



Eramuslim – Bagi pesepakbola, puncak tertinggi dari karier adalah membela tim nasional (timnas) di ajang Piala Dunia. Kebanggan saat mengenakan kostum atau jersey timnas adalah sebuah pengalaman berharga tiada tara, apalagi kalau sampai meraih gelar bergengsi untuk mewakili negara.

Tidak terkecuali dengan penggawa timnas Perancis. Anak-anak asuh Didier Deschamps itu tengah dalam masa keemasan sebagai pesepakbola. Apalagi, Tim Ayam Jantan (julukan Perancis), sedang berusaha menebus kegagalan menjadi juara Piala Eropa setelah ditekuk Portugal pada 2016 di hadapan suporternya di Paris.

Di antara daftar 23 orang pemain yang dipanggil Deschamps, terselip beberapa orang penggawa yang beragama Islam. Prancis sendiri memang dikenal sebagai negara yang sangat beragam suku, agama, dan ras, karena dihuni oleh imigran-imigran dari Benua Afrika. Berikut beberapa pemain Muslim di skuat Prancis, melansir dari About Islam.

Paul Pogba
Gelandang Manchester United ini dikenal sebagai seorang Muslim yang taat.



Ia berapa kali berkunjung ke Makkah untuk menjalani ibadah umrah. Bahkan, sebelum gelaran Piala Dunia, Paul Pogba menyempatkan diri mengunjungi rumah Allah, seusai menunaikan musim Liga Primer Inggris.

Adil Rami

Pemain keturunan Maroko ini memilih berganti kewarganegaraan Prancis, tempatnya tumbuh besar dan berkembang sebagai pemain sepakbola. Adil Rami pernah membela klub Marseille, Valencia, AC Milan, dan saat ini berkarier di Sevilla, Spanyol.



Adil berhasil merengkuh gelar ganda sebagai juara Liga Prancis dan Coupe de France pada 2010-2011 bersama Marseille.

Benjamin Mendy

Pria berdarah Senegal ini menjadi salah satu pesepakbola yang populer di media sosial Twitter.



Mendy tak segan membalas kicauan dari penggemarnya, bahkan terlibat banter atau olok-olok dengan fans dari klub lain. Bek kiri timnas Perancis ini pernah memenangi gelar Liga Prancis pada 2016-2017 saat masih membela AS Monaco.

N’Golo Kante

Sama seperti Rami dan Mendy, Kante juga adalah keturunan imigran dari Mali, tanah kelahirannya.



Nama gelandang bertubuh mungil ini mulai mencuat sejak membawa klub semenjana, Leicester City, merengkuh gelar juara Liga Inggris pertama sepanjang sejarah pada 2015-2016. Ia tercatat menjadi pemain yang mampu juara dengan dua klub berbeda di musim berturutan setelah membela Chelsea yang menjadi kampiun pada 2016-2017.

Nabil Fekir

Pesepakbola kelahiran Lyon ini memiliki kesamaan dengan legenda Prancis, Zinedine Zidane.



Fekir adalah anak dari imigran Aljazair yang dahulu pernah dijajah Prancis. Ia pernah dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Prancis 2014-2015. (okz)