Cara Bersalaman Jokowi dan Prabowo Subianto saat Menjenguk SBY, Sarat Makna?




JAKARTA - Di sela kesibukannya, Presiden Joko Widodo memang diketahui menyempatkan diri menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat itu di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/7/2018).

Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada kali ini menyiratkan pesan.

Saat menjenguk SBY yang terbaring di atas ranjang rumah sakit, Jokowi pun menyalami tangan pendahulunya itu. Ia memegang tangan SBY dengan dekapan hangat menggunakan kedua tangannya.

Namun posisi keduanya berjarak cukup jauh, hal tersebut terlihat dari posisi berdiri Jokowi dan posisi ranjang tidur SBY.

Saat menjenguk, Jokowi didampingi sang istri Iriana dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah. Sementara sebelumnya, mantan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 lalu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga menjenguk SBY pada Rabu malam (18/7/2018).

Sebenarnya Prabowo dan SBY memang telah dijadwalkan bertemu, namun karena SBY sakit maka pertemuan tersebut berubah lokasi.

Saat bertemu SBY, Prabowo terlihat seperti masih bertugas sebagai abdi negara.

Ia dan SBY memang sebelumnya memiliki latar belakang militer.

Sehingga saat bersalaman, keduanya menggunakan salam yang tidak biasa digunakan masyarakat pada umumnya, yakni 'salam komando'.

Keduanya tampak berjarak sangat dekat, tatapan Prabowo pun tajam ke arah SBY, sambil menyunggingkan senyum dan menatap 'rekan sesama militernya' yang tengah terbaring lemah.

Genggaman tangan Prabowo terlihat sangat kuat, begitu pula genggaman SBY, meskipun suami dari Ani Yudhoyono itu sedang tidak berdaya, hal itu seolah menyiratkan sesuatu.

Perbedaan yang cukup besar jelas terlihat jika menyandingkan antara foto pertemuan SBY-Prabowo, dengan foto pertemuan saat Jokowi menjenguk SBY di lokasi dan ruangan yang sama.

Mulai dari posisi tangan, jarak antara SBY-Prabowo dan SBY-Jokowi, gestur tubuh, serta ekspresi wajah bisa menyiratkan sesuatu. (*)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel