Pemerintah Sudah Cairkan 95% THR PNS dan Pensiunan, Nilainya Rp15,4 Triliun



JAKARTA - Kementerian Keuangan menyebut sebagian besar Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Tentunya hal tersebut menjadi kabar gembira sekaligus yang ditunggu tunggu oleh para PNS sebelum mudik Lebaran.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hingga hari ini, pemerintah sudah mencairkan 95,76% dari pagu yang sudah dianggarkan yakni Rp17,88 triliun. Artinya hingga hari ini, sudah Rp15,46 triliun anggaran THR PNS yang sudah dicairkan.


Jika dirinci, sudah ada 14.527 Satuan Kerja (Satker) yang sudah wewenang untuk mencairkan THR. Sementara, ada 15.701 satker yang bertugas mencairkan THR lewat Surat Perintah Membayar (SPM).

"Untuk masalah THR, sampai dengan sore tadi, untuk Satker yang telah sampaikan SPM ada sebanyak 14.527 Satker, dari 15.701 Satker yang menghadle masalah belanja pegawai. Jadi saat ini realisasinya sudah 95,76% dari Satker yg sudah sampaikan surat perintah membayar," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Lebih lanjut dirinya menambahkan, jika dirinci sudah Rp9,19 triliun dana yang disalurkan untuk PNS. Sedangkan sisanya yakni Rp6,27 triliun atau 94,14% telah disalurkan kepada pensiunan PNS melalui Taspen dan Asabri.

"Jadi seluruh dana THR ini untuk PNS sudah masuk di rekening pegawai yang bersangkutan, 83,4% atau Rp9,19 triliun itu 33.370 SPM," tambahnya.

"Untuk pensiunan pembayarannya diberikan melalui PT Taspen dan PT Asabri. Telah terbayarkan Rp6,277 triliun, yaitu 94,14%. Jadi sebetulnya sekarang seluruh PNS, TNI/Polri, dan pensiunan sudah hampir keseluruhannya mendapat THR dan masuk ke rekening masing-masing, itu update jam 3 sore tadi," imbuhnya.


Sebagai informasi, Pemerintah memastikan pencairan THR untuk PNS dilakukan pada bulan Juni dan dilakukan sebelum Lebaran. Pada tahun ini, manfaat THR yang didapatkan pun lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk memberikan manfaat yang lebih besar, pemerintah menganggarkan angka yang cukup fantastis yang Rp17,88 triliun. Sedangkan jika diakumulasikan dengan gaji ke-13, maka dana yang harus disiapkan pemerintah mencapai Rp35,67 triliun.




okezone

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel