Survei: Publik Nilai Soeharto Presiden Paling Berhasil



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat di momentum 20 Tahun Reformasi, Indo Barometer merilis hasil survei yang dilakukan 15 - 22 April 2018. Dalam rilis tersebut diketahui bahwa Presiden ke-2 RI Soeharto menjadi presiden Indonesia yang dinilai publik paling berhasil.

"Presiden Indonesia yang dinilai publik paling berhasil adalah Soeharto (32,9 Persen), Kemudian Soekarno (21,3 Persen), Joko Widodo 17,8 (Persen), SBY (11,6 Persen)," kata Direktur Ekekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Ahad (20/5).

Hasil tersebut serupa dengan survei yang dilakukan Indo Barometer di tahun 2011, dimana Soeharto (40,5 persen), SBY (21,9 persen), Soekarno (8,9 persen). Selain itu dalam hasil survei dilakukan Indo Barometer, diketahui sebanyak 56,1 persen responden menjawab selama 20 tahun reformasi Indonesia mengalami kemajuan.

Sementara itu 19,4 persen responden menjawab Indonesia tidak mengalami kemajuan selama 20 tahun reformasi, dan 10,7 persen responden menjawab mengalami kemunduran.

Menanggapi hal tersebut, mantan aktivis 98, Fahri Hamzah menilai persepsi publik yang menilai Presiden Soeharto paling berhasil adalah hal yang wajar, pasalnya selama 32 tahun berkuasa, Soeharto membangun institusi. "Institusinya sampai sekarang masih ada, pastilah orang menganggap dia yang paling sukses. Enggak ada masalah, kita syukuri," katanya.

Untuk diketahui pelaksanaan survei dilakukan di 34 provinsi dengan jumlah responden sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar 2,83 persen. Sedangkan metode yang digunakan adalah multidtage random sampling.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel