Kicak, Kuliner Khas Yogyakarta yang Hanya Bisa Ditemukan saat Ramadhan




Saat Ramadhan tiba, terdapat beberapa makanan tertentu yang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan saja. Mulai dari makan berat, minuman, hingga kue-kue manis. Tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air, makanan dan minuman tersebut biasanya akan dijajakan saat menjelang waktu berbuka puasa.

Kicak misalnya, kuliner khas asal Kampung Kauman, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta ini hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadhan saja. Memiliki tekstur lembut, kudapan satu ini terbuat dari dari campuran beras ketan kukus yang telah ditumbuk halus menjadi jadah, kemudian dicampur dengan parutan kelapa, gula, garam, daun pandan, serta irisan buah nangka.  

Perpaduan manisnya gula, dan jadah yang legit menghasilkan cita rasa sajian yang lumer di mulut. Rasanya akan semakin sempurna saat disantap dengan irisan buah nangka yang manis nan kenyal. Nikmat!  

Dalam penyajiannya, jadah yang telah dilumuri gula, garam, parutan kelapa, daun pandan dan nangka akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang telah dilayukan terlebih dahulu. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan daun pisang digantikan dengan plastik mika karena dianggap lebih praktis dan mudah dikemas.

Meski hanya menggunakan bahan-bahan yang sederhana, kicak memiliki rasa yang kompleks dengan penampilan yang indah dilihat. Kombinasi warna dari seluruh bahan yang digunakan menciptakan citra sajian yang menggugah selera. Dengan rasanya yang begitu manis, tak ayal kicak selalu menjadi menu takjil pilihan yang selalu laris di buru para pecinta kuliner.

Tak hanya nikmat disantap, harganya pun sangat bersahabat dengan kantong. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribuan saja, kamu bisa menikmati sebungkus kicak manis untuk berbuka puasa.  

Bila tertarik mencicipinya, kamu bisa menyambangi pasar sore atau pasar Ramadhan yang digelar di beberapa wilayah Yogyakarta, seperti di Kampung Kauman, Kelurahan Ngapusan, dan Gondomanan.        
Namun, pastikan untuk datang lebih awal, ya. Karena, biasanya kicak akan cepat habis diburu oleh para pembeli. Tertarik mecobanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel