Jangan Beri Anak 5 Makanan Ini saat Berbuka Puasa, Lihat Akibatnya



Sebagian orang tua kadang merasa tidak tega melihat anaknya menahan lapar dan haus saat berpuasa. Sehingga ketika tiba waktunya berbuka, anak dihidangkan dengan berbagai menu makanan. Tapi tetap teliti ya, Moms. Cukup hidangkan makanan yang sehat untuk anak dan sebaiknya hindari 5 makanan di bawah ini, karena bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak saat berpuasa.

*1. Makanan Pedas *

Anak tidak disarankan sering berbuka dengan menu makanan bercita rasa pedas. Makanan pedas bisa membuat lambung anak iritasi karena tidak diisi selama 14 jam. Sehingga jika dikonsumsi secara terus-menerus sebagai menu berbuka, bisa merusak dinding lambung anak.

2. Makanan Berminyak

Jangan beri anak makanan yang mengandung banyak minyak. Misalnya seperti gorengan, Moms. Mengonsumsi makanan berminyak langsung saat berbuka, dapat memperberat kerja lambung akibat tingginya kandungan lemak pada makanan berminyak. Selain itu, beratnya kerja lambung juga bisa mengakibatkan tubuh anak semakin lemas.

3. Makanan Cepat Saji

Hindari juga makanan cepat saji untuk anak. Mayoritas makanan cepat saji terbuat dari daging olahan dan sayuran atau yang kemungkinan tidak segar dan mengandung bakteri berbahaya. Hal tersebut tentu bisa berisiko bagi sistem pencernaan anak.

4. Makanan Kaleng

Makanan kaleng memang praktis disajikan sebagai menu berbuka puasa untuk anak. Tapi, sebaiknya hindari makanan kaleng yang mengandung banyak pengawet, pewarna, penguat rasa maupun garam. Hal itu tentu tidak baik untuk pencernaannya.

5. Makanan Beku

Usahakan tidak memberi anak menu berbuka dari makanan yang terbuat dari makanan beku atau froozen food. Makanan beku banyak mengandung garam. Bila memang ingin menyajikannya, pilih makanan beku organik yang rendah garam dan lemak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel