Arab, Islam dan Indonesia




Rasulmu Muhammad SAW berasal dari Arab. Kitab sucimu Al-Quran berbahasa Arab.

Bagaimana kau tak wajib mengapresiasi Arab?

Tanggal 6 September 1945 Syaikh Amin Al-Husaini, pemimpin Palestina yang sedang mengungsi di Berlin mengumumkan dukungannya atas kemerdekaan Indonesia.

Bulan Nopember 1945 Hasan Al-Banna dan pemuda Ikhwanul Muslimin turun ke jalan berhari-hari di depan kedutaan Belanda di Mesir dan mereka merobek warna biru dari tiga warna bendera Belanda. Mereka memaksa Belanda dan Jepang keluar dari Indonesia.

Belakangan Bung Karno dan Agussalim melakukan kunjungan pertamanya ke Mesir mengucapkan terimakasih kepada Hasan Albanna dan Jamal Abdel Nashir.

Sebelum negara-negara lain mengakui, saat Barat masih sibuk ingin membagi Indonesia sebagai sumber eksploitasi, Suriah, Irak, Libanon, Yaman, dan Saudi Arabia sudah menyatakan dukungannya atas kemerdekaan Indonesia".

*******

Saya salin komentar yg membuat saya cukup getir:

"itu cuma sejarah. kami kaum muda indonesia butuh perubahan. itu hanya memory usang. dunia sungguh cepat berputar. isinya pun cepat beradaptasi pada keadaan yang lebih baik. semua calgub sah dipilih".

*****
B E G I N I:

(-) Sejarah memang catatan masa lalu. Tetapi sesiapa tak belajar sejarah akan beroleh kesulitan. Saya percaya Soekarno dengan "Jas Merah"-nya.

(-) Saya kira agak gegabah mengklaim generasi muda Indonesia tak hirau sejarah. Satu dua orang mungkin ya, khususnya Anda.

Bandingkan setiap orang di Tapanuli mementingkan keterangan tentang asal usulnya, termasuk marga, yang berarti sejarah masih sangat diperlukan.

(-) Di Toba banyak orang bernama kebarat-baratan selain sangat setia kpd marga. Ada Victor, David, Gabriel, Yesaya, Isak dan yang lain yang bahkan diambil dari alkitab.

(-) Di Mandailing dan Angkola banyak nama Arab Islam seperti Ahmad, Ibrahim, Ismail, Yacub, Muhammad dan lain-lain yang diambil dari Alquran.

(-) Org Cina di hampir seluruh dunia tetap suka gunakan nama ganda dan bahkan terus berusaha utk beroleh kewarganegaraan ganda. Mereka juga gunakan aksara sendiri.

(-) Di Medan ada nama kawasan Sarirejo, Sidomulyo, Karangsari dan banyak nama khas Jawa seperti Edy Rahmayadi, Suparno, Djamin Dumitro, Suparlan dan lain-lain.

(-) Saat pemilu pertengahan bulan ini di Malaysia saya berkunjung. Bukan cuma nama dan marga Mandailing banyak di sana, Minang dan Jawa tetap hidup dengan budaya yang mereka bawa dari Indonesia. Saya malah bertemu seorang penulis asal leluhur Mandailing yang melaunching bukunya SUTAN PUASA THE FOUNDER OF KUALA LUMPUR. Sutan Puasa itu bermarga Lubis.

Saya kira semua itu sejarah dan tampaknya tak pernah akan usang.

Status saya bercerita tentang Arab, Islam dan Indonesia. Bagi saya yang muslim, itu tak boleh usang. Karena rasul saya Muhammad memang berasal dari tanah Arab. Alkitabnya berbahasa Arab.

Tanah suci juga tak bisa didelete dari hidup muslim karena kalau mampu tapi tak pergi haji, ia bermasalah. Sungguh bermasalah.

(-) Saat awal kemerdekaan Indonesia, ketika bangsa Barat tetap masih ingin membagi-bagi Indonesia sebagai negara jajahan, negara-negara Arab menentang itu. Jika Anda tak suka data itu, apa boleh buat. itulah sejarah, kawan.

(-) Revrisond Baswir dari UGM belum lama ini bercerita tentang sejarah mengapa Indonesia tetap terbelakang. Bahkan yang 3 dasawarsa lalu berada di bawah Indonesia kini sdh lebih maju seperti India dan China.

Revrisond Baswir menyebut ada 10 gerakan subversif kolonialis yang sangat mencederai hingga membebani Indonesia sampai saat ini tak bisa bangkit.

Saya kira saya tak usah menjelaskan hal ini karena memang Anda amat benci sejarah.

Ini yang terakhir:

Suatu ketika saya saksikan tv menyiarkan kunjungan seorang Menteri asal keturunan Jawa di Suriname kepada Gubernur DKI waktu itu Jokowi. Betapa senangnya ia dapat diterima dan ia berbahasa Jawa.

Mungkin ada yg bilang orang itu goblok karena menganggap apalah artinya sejarah.
Biarin.

Disadur dari Tulisan facebook Shohibul Anshor Siregar/Akademisi UMSU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel