4 Perguruan Tinggi Negeri favorit Buka Jurusan Baru, Mungkin Anda Minat?






Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri favorit merupakan suatu kebanggan tersendiri yang dirasakan oleh sebagian besar akademisi di tanah air. Banyak jalur untuk bisa berkuliah di PTN, baik melalui jalur SBMPTN maupun jalur mandiri. Jalur SBMPTN dan mandiri adalah jalurtest tulis yang setiap tahun diselenggarakan untuk menyeleksi seluruh murid jenjang SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN.

Macam-macam jurusan pun tersedia di berbagai PTN. Namun, ada yang beda dengan tahun ini, Bela! selain aturan penilaian SBMPTN yang baru, ternyata ada beberapa PTN yang membuka jurusan baru yang tentunya membuat kamu lebih tertantang untuk mendalaminya.Nah, penasaran kan? Yuk langsung simak aja, Bela!

1. Universitas Indonesia – Teknik Biomedik

desain-tanpa-judul-128-162d7b8e55557b5225f5346e0cef6d79.jpg
hai.grid.id  
Jurusan baru yang dibuka oleh PTN yang berlokasi di Depok ini adalah Teknik Biomedik. Jurusan ini mempelajari tentang prinsip rekayasa yang diaplikasikan pada ilmu biologi dan kedokteran untuk tujuan pelayanan kesehatan. Selain itu, jurusan ini pun cukup menjanjikan untuk masa depan. Pasalnya, di Indonesia selaku negara berkembang sedang membutuhkan banyak pakar yang di bidang ilmu dan teknologi kesehatan. Instansi yang membutuhkan pun juga nggak sedikit, misalnya seperti rumah sakit, laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan obat dan farmasi, dan masih banyak lagi. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki passion di bidang kesehatan, nggak ada salahnya lho untuk mencoba memasuki jurusan ini.

2. Universitas Padjajaran – Aktuaria dan Bisnis Digital

desain-tanpa-judul-130-5c76c640a7324191b878b43880ad99a4.jpg
conference.fkep.unpad.ac.id  
Universitas yang terletak di kota kembang ini juga nggak mau kalah dalam menghadirkan jurusan baru, yakni Aktuaria dan Bisnis Digital. Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu matematika asuransi, biasanya ilmu ini dipergunakan untuk menghitung dan memperkirakan risiko serta aktivitas bisnis di masa depan. Selain itu, bisnis digital pun mulai dibuka karena pada era millenials seperti sekarang ini banyak sekali perusahaanstart up yang yang mengembangkan bisnis di dunia digital. Buat kamu yang memilikipassion pada ilmu hitung dan dunia digital, wajib banget untuk coba dua jurusan yang satu ini!

3. Universitas Sebelas Maret – Ilmu Lingkungan

desain-tanpa-judul-133-715333801aad366a97799496bff2c046.jpg
news.akurat.co  
Tahun ini, Universitas Sebelas Maret membuka jurusan ilmu lingkungan pada bidang SAINTEK. Mahasiswa pada jurusan ini dituntut untuk lebih memahami permasalahan pada lingkungan serta cara ampuh untuk memecahkannya. Ilmu lingkungan ini pun memiliki kaitan yang erat dengan biologi, geologi, geofisika, konservasi, vulkanologi, klimatologi, meteorologi, oseanografi, serta ekologi.

4. Universitas Pendidikan Indonesia – Kewirausahaan, Sains Informasi Geografi, dan Desain Komunikasi Visual

desain-tanpa-judul-134-7369341278edd710da726f12534efdb0.jpg
berita.upi.edu  
Nggak tanggung-tanggung nih, Bela! Universitas yang terletak di Kota Bandung ini membuka 3 jurusan sekaligus, yaitu Kewirausahaan, Sains Informasi Geografi, dan Desain Komunikasi Visual. Ketiga jurusan ini pun sama-sama sangat dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintahan sehingga PTN ini pun membuka kesempatan kepada seluruh akademisi di Indonesia untuk mendalami ketiga jurusan tersebut.

sumber : cairier-popbela

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel