Kejujuran Membimbing Ke Syurga



عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا


Dari Abdullah RA dari Nabi SAW baginda bersabda: "Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke syurga. Sesungguhnya jika seseorang yang senantiasa berlaku jujur dia akan menjadi orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan membimbing kepada kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan itu akan memandu ke neraka. Dan sesungguhnya jika seseorang yang selalu berbohong maka dia akan menjadi sebagai seorang pembohong."

 (HR Bukhari No: 5629) Status: Hadis Sahih

Kandungan hadits

1.  Berlaku jujur dan benar adalah suatu yang dituntut dalam Islam, bahkan menjadi pokok pangkal kebaikan.

2.  Orang yang bersifat jujur dan benar akan memandu kehidupannya untuk melakukan kebaikan, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan.

3.  Sifat jujur dan benar akan memandu kita untuk melakukan amal ke syurga. Kejujuran adalah barang berharga di akhir zaman ini, suatu hal yang sulit ditemukan di zaman akhir ini adalah teman dan saudara yang berkarakter jujur.

4.  Orang yang istiqamah dan biasa melakukan sesuatu dengan benar dan jujur, dia akan menjadi seorang yang benar dan jujur.

5.  Orang yang bohong dan berdusta, akan memandu kehidupannya untuk melakukan keburukan dan maksiat dengan meninggalkan perintah dan melakukan larangan.

6.  Sifat bohong dan dusta akan membimbing seseorang untuk melakukan maksiat dan pelanggaran yang akan memandunya ke neraka.

7.  Orang yang biasa berbohong, dia akan kekal menjadi seorang yang pembohong dan pendusta, sehingga tertutup mata hatinya dari amal baik

8. Perilaku dusta adalah fondasi segala amal buruk yang membimbing ke neraka.

9. Jadilah orang yang jujur karena dengan kejujuran akan membimbing untuk melakukan amal saleh, yang itu merupakan fondasi amal baik yang akan membimbing ke surga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel