Viral, Bolu Meranti Oleh Oleh Populer dari Medan Balum Perpanjang Sertifikat Halal



MEDAN-Dua penjual makanan yang cukup terkenal di Kota Medan yang menjadi oleh-oleh, Bolu Meranti dan Risol Spesial Gogo, belum memperpanjang sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut).

Kabar ini pun telah beredar luas di dunia maya dan menjadi perbincangan hangat. Kabar itu diketahui lewat sepucuk Surat Pernyataan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) MUI Sumut tertanggal 20 September 2017.

Surat bernomor 182/C/LP-POM/MUI-SU/IX/17 tersebut, ditandangani oleh Ketua Komisi Fatwa MUI Sumut Prof Dr H Ramli Abdul Wahid dan Direktur LP POM MUI Sumut Prof Dr Ir H Basyaruddin.

Dalam surat itu, Bolu Meranti yang diproduksi oleh CV Cipta Rasa Nusantara yang beralamat di Jalan Kruing No 2 K Medan, telah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI Sumut yang berlaku selama 2 tahun mulai 2 April 2013 dan berakhir 2 April 2015.

Setelah berakhirnya masa berlaku sertifikat halal itu, pihak Bolu Meranti pernah mengajukan perpanjangan sertifikat halal kembali pada April 2015. Namun, dalam proses perpanjangan dan setelah dilakukan audit, Bolu Meranti tidak dapat melengkapi persyaratan untuk memenuhi standar sertifikat halal/sistem jaminan halal sampai batas waktu yang ditentukan.

Tanpa adanya informasi, Bolu Meranti tidak bersedia memenuhi permintaan penyempurnaan persyaratan proses sertifikat halal. Sehingga, proses itu pun tidak dapat diselesaikan dan sertifikat halal tidak dapat diterbitkan lagi.

Sedangkan, Risol Spesial Gogo yang diproduksi oleh Perusahaan Risol Spesial Gogo yang beralamat di Jalan Mojopahit No 53 Medan, telah memiliki sertifikat halal yang berlaku sejak 23 Februari 2010 hingga 22 Februari 2012. Setelah berakhirnya masa berlakunya, pihak Risol Gogo tidak ada melakukan perpanjangan sertifikat halal. Padahal, LP POM MUI Sumut sudah melayangkan surat pemberitahuan agar melalukan audit ulang dalam waktu 3 bulan sebelum habis masa berlaku sertifikat itu.

Ketua Komisi Fatwa MUI Sumut Prof Dr H Ramli Abdul Wahid membenarkan beredarnya surat tersebut. Kata dia, Bolu Meranti dan Risol Spesial Gogo belum memiliki perpanjangan sertifikat halal.

“Mereka belum melengkapi persyaratan untuk diterbitkannya sertifikat halal dari MUI Sumut. Sebab, mereka belum mengurus secara sempurna perpanjangan sertifikat itu,” kata Ramli, Jumat (5/1/2018).

pojok

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel