Ribuan Warga Bangka Deklarasi Tolak Keberadaan HTI



Ribuan masyarakat yang tergabung dalam Forum Perjuangan Bangka Barat Bersatu (FPB3) berkumpul di lapangan sepak bola Air Belo, Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (6/1/2017) pagi.

Ribuan warga dari 40 desa di Kabupaten Bangka Barat ini hadir mendeklarasikan dukungan penolakan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Bumi Sejiran Setason sekaligus pengukuhan kepengurusan FPB3.

Pantauan bangkapos.com, ribuan warga ini mengenakan atribut dan ikat kepala putih bertuliskan FPB3 disertai tulisan menolak keras HTI. Mereka berkumpul di tengah-tengah lapangan bola Desa Air Belo.

Terik panas sengatan matahari tak menyurutkan semangat ribuan warga menghadiri deklarasi tersebut. Acara dihadiri anggota DPRD Provinsi/Kabupaten Babar, ketua FPB3 Arbiyanto yang akrab disapa bang Yan Belo, Camat Muntok Sukandi, kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Puluhan aparat keamanan dari Polres Bangka Barat, Koramil Muntok, dan Sat Pol PP siaga dilokasi deklarasi.

Suherman warga Desa Semulut, mengatakan kehadiran dirinya sebagai bentuk komitmen dan dukungannya terkait penolakan HTI di Bumi Sejiran Setason. Terlebih menurut Suherman, mayoritas warga Babar menggantungkan hidup dari hasil hutan.

"Kedatangan kami kesini untuk menyamakan persepsi yang pada intinya menolak keberadaan HTI di Babar. Karena kalau ada HTI kemana lagi kami mau berkebun," ujar Suherman salah satu warga desa Semulut ditemui diluted deklarasi.
Demo HTI
Demo HTI (Bangkapos/Anthoni)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel