Fix, PDIP dan PPP Usung Djarot - Sihar di Pilgubsu, Siang Ini Daftar Harapan DPW PPP Daerah Kandas

Pasangan bakal calon gubernur-cawagub Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, akan mendaftar ke KPU Sumut hari ini. Pasangan tersebut diusung PDIP dan PPP.

"Mendaftar siang ini. Kita ada acara ulang tahun PDIP dulu di kantor," kata Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto kepada detikcom, Rabu (10/1/2018).

Pendaftaran Djarot-Sihar, menurut Soetarto, dilakukan pada hari terakhir pendaftaran. Hari ini juga dianggap sebagai momentum tepat karena bertepatan dengan HUT PDIP.

"Maka kita ambil momentum untuk tanggal pendaftaran ke KPU. Yang didaftarkan, Djarot Saiful Hidayat berpasangan dengan Sihar Sitorus," sambungnya.

Secara terpisah, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan pihaknya sudah mendapat pemberitahuan bahwa siang nanti pasangan Djarot-Sihar akan mendaftar.

"Ada surat dari PDIP (tentang) pemberitahuan bahwa mereka membawa bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus," ujarnya. 
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akhirnya sepakat mendukung pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang diusung PDIP dalam Pilgub Sumatera Utara. Keputusan ini telah diklaim sudah dapat persetujuan kepada DPW PPP Sumatera Utara.
"Kami sudah sampaikan keputusan teman-teman di Sumut bahwa PPP mempertimbangkan prinsip menerima memberi dukungan, maka kita melengkapi pasangan Djarot-Sihar di Sumut. Tanpa PPP pasangan ini tak bisa maju," kata Sekjen PPP Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1).
Arsul mengakui DPW PPP Sumut merasa keberatan partainya mendukung Djarot-Sihar. Namun DPP menilai protes tersebut hal wajar sebagai dinamika internal.
"Harus kami akui PPP Sumut berkeberatan dengan paslon ini. Tentu kami harus mendengarkan bahkan kalau kami ikuti terjadi unjuk rasa di kantor DPW PPP Sumut. Buat kami itu demokrasi di internal," ujarnya.
PDIP yang memiliki 16 kursi di DPRD Sumut membutuhkan dukungan PPP yang memiliki 4 kursi untuk menggenapi syarat 20 kursi mengajukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Jika PPP menolak mendukung, dipastikan PDIP tidak bisa mengajukan pasangan calon karena partai yang lain telah memiliki calon masing-masing

Sebelumnya beredar kabar kalau PPP daerah sudah sepakat kalau Tengku erry yang menjadi pendamping PDI P. Berdasarkan informasi yang beredar,  dalam pertemuan kemaren, Jafaruddin Harahap Sekretaris DPW PPP Sumut yang dihubungi melalui ponsel, via tribun medan Selasa (9/1/2017).
"Tadi baru sarapan dengan Pak Erry, saat ini kita masih melobi PDI-P untuk mengusung pasangan di Pilkada Sumut," kata Jafaruddin.
PDI Perjuangan terancam tidak bisa mendaftarkan calonnya Djarot Syaiful Hidayat dan pasangannya Sihar Sitorus ke pilkada Sumut.
–– ADVERTISEMENT ––

Pasalnya PPP bersikeras untuk tidak mau berkoalisi jika calon yang diusung tetap berpasangan dengan Sihar Sitorus.
"Kita tetap tidak mau mengusung Sihar Sitorus, karena non-muslim," kata Jafaruddin. Soal yang terakhir ini tidak ada tawar menawar lagi bagi PPP, pasalnya mengusung calon pasangan muslim sudah menjadi prinsip yang sudah digariskan partai berlambang Ka'bah. (berita Tribun link)

Namun peberitaan tribun tersebut kandas dengan informasi terbaru. dari merdeka.com di atas

merdeka,tribun,detik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel