Aksi Heroik! Kapolsek Ini Selamatkan Balita yang Sakit Kejang-Kejang



Aksi heroik polisi kembali terjadi. Kali ini ditunjukkan Kepala Kapolsek Wolio, Baubau, Sulawesi Tenggara, Iptu Syukri Mase.

Ia berhasil menolong seorang balita yang panas tinggi dan mengalami kejang-kejang di Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (20/1/2018).

Kejadian itu berawal saat sang kapolsek sedang bertugas dalam kegiatan pengamanan Sepeda Sehat yang dihadiri jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sultra.


Pada pukul 08.35 Wita tiba-tiba ada seorang ibu yang panik karena anaknya mengalami step (kejang demam) akibat panas tinggi.

Iptu Syukri Mase yang melihat kejadian itu langsung menolong dengan menaikkan ibu dan anak bersama seorang bapak ke dalam mobil kepolisian menuju Puskesmas Sorawolio.

Seorang jurnalis La Ode Adnan Irham yang kebetulan sedang bersama Syukri mengabadikan kejadian itu dalam sebuah video berdurasi 5 menit 37 detik.

Dalam video tampak Iptu Syukri begitu serius mengendarai mobil sambil membunyikan sirine darurat.

Begitu sampai di puskesmas, Iptu Syukri dengan sigap langsung turun dan menggendong balita tersebut serta bergegas menuju ruang perawatan.

Begitu sampai di dalam ruang perawatan keadaan rumah sakit masih tampak lengang, sementara balita tersebut terus menunjukkan gejala kejang-kejang.

Iptu Syukri pun terlihat meniupkan doa-doa hingga balita tersebut berhenti kejang. Setelah itu petugas rumah sakit datang dan memberikan perawatan.

Saat dikonfirmasi, Kepolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam membenarkan kejadian tersebut yakni saat kegiatan pengamanan “Sepeda Sehat”.

Soal video yang beredar dipastikan bukanlah rekayasa sebab direkam oleh wartawan.

“Dan alhamdulillah anak tersebut saat ini dalam kondisi stabil. Sebagai kapolres, saya mengapresiasi Sukri yang walaupun belum ada 1 bulan menjabat sebagai Kapolsek Wolio,” ujar Daniel.

Pada momen yang tepat dan dibutuhkan, Syukri dianggap telah mampu menunjukkan dan memutuskan keputusan yang diambil dalam melayani masyarakat adalah tepat.

Selain itu, kata Daniel, kemampuan penguasaan wilayah juga terlihat dari cepatnya Syukri membawa anak yang sedang sakit tersebut ke puskesmas terdekat.
(ysp/pojoksatu)