Ekonomi Makin Parah ! Harga Cabai, Telor dan Ayam Naik



Jelang akhir tahun, harga cabai di Kota Tangerang kembali merangkak naik. Salah satunya dirasakan oleh pedagang cabai di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Mulyani (45). "Iya, dari Rp 25 ribu sekilo, sekarang sudah Rp 40 ribu," ujar dia saat ditemui Republika.co.id di Pasar Anyar, Cikokol, Kota Tangerang.

Mulyani mengatakan, kenaikan harga cabai mulai dirasakan di awal Desember. Pada awal Desember harga cabai sudah berada di angka Rp 30 ribu per kilogramnya. Menjelang Natal, kata dia, harga cabai sempat mencapai Rp 50 ribu per kilogramnya. "Iya, sekarang sudah turun 10 ribu, jadi 40 ribu," kata dia.

Mulyani menilai, harga cabai tidak akan turun hingga usai perayaan Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018. Namun, Mulyani bersyukur harga cabai tidak melambung terlalu jauh seperti Imlek tahun sebelumnya yang menembus angka Rp 100 ribu rupiah per kilogramnya.

Sementara itu di Tasikmalaya Harga sejumlah komoditas sembako juga mengalami kenaikan jelang perayaan tahun baru.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di pasar Pancasila Kota Tasikmalaya, kenaikan terjadi pada komoditas daging ayam dan telur.

Salah satu pedagang ayam, Rina mengatakan harga ayam saat ini senilai 34 ribu rupiah per kilogram. Kenaikan ini, kata dia baru mulai merangkak semenjak awal Desember.

"Padahal tadinya 30 ribu, sekarang sudah naik, kemungkinan baru turun lagi sedikit demi sedikit Januari. Wajar sih ini, ketika Lebaran saja sampai 40 ribu," katanya saat ditemui di tokonya, Jumat (29/12).

Kenaikan juga terjadi pada telur yang harganya sudah mencapai 24 ribu per kilo. Salah seorang pedagang, Asep, menjelaskan kenaikan diakibatkan keterbatasan pasokan dari Brebes. Asep selama ini mengaku mayoritas menjual telur asal Brebes karena berkualitas tinggi.

"Telur jadi 24 sekarang, ini kiriman dari Brebes, pembeli maunya yang seperti ini (Brebes). Kalau dari Tasik rasanya beda," ujarnya.

Berbeda dengan komoditas lainnya, harga daging sapi segar stabil di posisi 110-120 ribu per kilogram. Belum nampak adanya kenaikan hingga saat ini. "Dari Lebaran memang sudah segitu harganya, stabil, turun naiknya di kisaran 110-120 ribu sekilo," ucapnya.

republika
Ekonomi Makin Parah ! Harga Cabai, Telor dan Ayam Naik Ekonomi Makin Parah ! Harga Cabai, Telor dan Ayam Naik Reviewed by NgeJossss on Desember 29, 2017 Rating: 5

Terbaru